Artikel tentang Analisis Perbandingan Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Pada Minimarket Indomaret Dengan Alfamart Di Kompleks Pesona Anggrek Bekasi terdapat banyak kesalahan dalam penulisannya. Penggunaan kata hubung pada awal kalimat banyak dijumpai, seperti sedangkan, adapun, dan, yang, jadi, dengan. Kata penghubung hanya digunakan untuk menggabungkan dua atau beberapa kalimat, bukan untuk diawal kalimat.
Penggunaan kata – kata yang tidak baku, seperti kuesioner, tatkala, studi, dan efesien. Kata – kata tersebut dapat diganti dengan kuisioner, ketika, pembelajaran, dan efisien agar dapat dimengerti oleh para pembaca.
Terdapat pula penggunaan kata hubung yang tidak tepat, yaitu pada kalimat “ Jadi, tingkat kepuasan merupakan fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan oleh harapan”. Kata “oleh” dapat diganti kata “dengan” agar jelas serta terdapat kalimat yang berlabih dalam kata – katanya, contohnya kalimat “ Analisis kepuasan konsumen Indomaret dengan kepuasan konsumen Alfamart terhadap dimensi assurance diketahui bahwa ternyata memang memiliki tingkat perbedaan yang signifikan”. Kata “ ternyata memang” sebaiknya digunakan kata “ ternyata” saja agar tidak mempunyai makna ganda.
Penggunaan tanda baca banyak yang tidak tepat. Terdapat kalimat yang tidak menggunakantanda titik (.) pada akhir kalimat dan penggunaan tanda koma (,) yang tidak tepat, contohnya pada kalimat “ T-Test pada prinsipnya adalah suatu teknik statistik untuk menguji hipotesis, tentang ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara dua kelompok sampel dengan jalan perbedaab meannya”. Tanda koma (,) tersebut seharusnya tidak perlu dipakai. Pada kalimat “ Dan dalam penelitian ini yang lebih baik adalah Indomaret hal ini diketahui bahwa dari uji – t Indomaret yang lebih besar dari Alfamart sebesar 31,749 > 23,341”. Tanda koma (,) seharusnya dipakai setelah kata “Indomaret” atau bisa digunakan kata hubung “karena”.
Penggunaan kata depan di – pada kalimat “ konsumen dalam memilih minimarket mana yang akan di kunjungi dengan memepertimbangkan lengkap tidaknya produk yang dijual pada minimarket itu”. Kata depan di – dengan kata “ kunjungi” seharusnya digabung. Terlalu banyak menggunakan tanda garis miring (/) untuk menggantikan kata “ atau”.
Pada kalimat “ Demikianlah sebagaimana yang disampaikan oleh banyak pakar ekonomi yang memberikan definisi menganai kepuasan konsumen “. Kata “ sebagaimana “ sebaiknya tidak digunakan dan mengganti dengan kata yang tepat yaitu “ seperti “ agar lebih mudah di cerna maknanya. Penulisan saran pada artilkel ini terdapat kesalahan dalam penggunaan kata “yang” pada kalimat “ Mayoritas konsumen Indonesia sensitive terhadap harga, karena itu Alfamart agar menekan harga akan dengan cara memutus saluran distributor yang panjang yang akan meminimalkan biaya. Kata “yang “ sebaiknya diganti dengan kata “ sehingga” dan kata “sensitive” juga tidak baku, harus diganti dengan kata “sensitif”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar